x

Deteksi Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Kecamatan Sukorejo Luncurkan "Si Dedi PTM"

Blitar Kota - Sabtu, (10/10/2020), Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya warga Kecamatan Sukorejo, UPTD Puskesmas Sukorejo meluncurkan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (Si Dedi PTM). Hal ini telah dikonfirmasi oleh Wisma Yuniar, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo.

Wisma mengatakan, sebelumnya pihaknya bersama petugas puskesmas lainnya telah melakukan Musyawarah Masyarakat Kelurahan, yang hasilnya menunjukkan prioritas masalah kesehatan yang harus ditangani. Selain melakukan MMK pihaknya juga meningkatkan pelayanan kepada warga Kecamatan Sukorejo salah satunya dengan mendeteksi dini penyakit tidak menular yang saat ini banyak dialami oleh masyarakat. Penyakit tidak menular sendiri diantaranya, diabetes, hipertensi, diare dan lainnya. Wisma telah melakukan pengecekan dibeberapa titik diantaranya Kecamatan, Kelurahan dan Sekolahan. Tujuannya untuk mendeteksi apakah warga Kecamatan Sukorejo memiliki keluhan penyakit tidak menular. Hasilnya, mayoritas warga mengalami kolesterol dan gula darah tinggi.

“Dedi Si PTM ini kita luncurkan untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular yang dialami warga kecamatan Sukorejo. Sudah kita tes di Kecamatan, Kelurahan dan Sekolahan. Dan hasilnya mayoritas warga mengalami gula darah tinggi dan kolesterol,” jelas Wisma.

Selain melakukan pemeriksaan Kecamatan, Kelurahan dan Sekolahan, rencananya Si Dedi PTM juga akan menyisir dilingkungan masyarakat seperti pasar tradisional. Namun dikarenakan masih ada pandemi Covid-19, Wisma menegaskan pemeriksaan deteksi dini penyakit tidak menular di Pasar Tradisional ditunda. (Fix)

Share icon