x

Disparbud Kota Blitar Siapkan Paket Wisata Guna Bangkitkan Industri Pariwisata

Blitar Kota - Senin, (12/10/2020), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar menyiapkan strategi untuk memulihkan industri pariwisata di masa adaptasi New Normal pandemi Covid-19. Salah satu yang disiapkan adalah pembentukan paket wisata, dengan menggabungkan antara tempat wisata dan pertunjukan kesenian lokal di Kota Blitar. Satu di antaranya dengan menggelar pertunjukan kesenian jaranan secara virtual di masa pandemi Covid-19.

Tri Iman Prasetyono, Kepala Disparbud Kota Blitar mengatakan, Arti Lambang industri pariwisata ikut terkena dampak pandemi Covid-19, karena banyak pelaku pariwisata kehilangan pendapatan akibat penutupan tempat wisata. Sekarang, di masa New Normal sejumlah tempat wisata mulai dibuka kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Menurut Tri Iman, industri pariwisata secara perlahan mulai bangkit meski kondisinya belum normal. Pihaknya menegaskan, untuk mendukung strategi paket wisata, dinas setempat akan menjadwalkan pertunjukan kesenian jaranan secara virtual. Pertunjukan kesenian jaranan yang dikemas secara virtual ini diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Blitar.

“Jadi nanti ada wisatawan datang siang hari ke Makam Bung Karno dan Istana Gebang misalkan, malamnya kita ajak untuk nonton pertunjukkan jaranan,” jelas Tri Iman.

Tidak hanya potensi wisata saja, melalui langkah ini industri kreatif dibidang pariwisata juga ikut berkembang. Tri Iman berharap, paket wisata juga dapat menggandeng usaha kecil, baik para perajin dan pedagang di sekitar tempat wisata. (Kir)

Share icon