x

Disparbud Kota Blitar Usulkan Anggaran di APDB 2021 Dukung Ekskavasi Candi Gedog

Blitar Kota - Rabu, (14/10/2020), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar akan mengusulkan anggaran, untuk mendukung Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melanjutkan ekskavasi Candi Gedong tahun depan. 

Tri Iman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar mengatakan, telah menyusun rencana terkait kelanjutan ekskavasi Candi Gedog. Diantaranya persiapan sewa lahan, pelaksanaan ekskavasi tahap tiga, dan kajian pelepasan lahan di lokasi situs Candi Gedog. Yang mana anggaran untuk realisasi rencana itu akan diusulkan dalam  pembahasan APBD 2021. Saat ini, pihaknya menunggu rekomendasi BPCB Jatim terkait hasil ekskavasi tahap dua untuk dasar penguatan rencana anggaran tahun depan. 

"Untuk angka pastinya kami belum tau ya, tapi yang kami usulkan antara Rp. 145 juta sampai Rp.175 juta." jelas Tri Iman.

Tri Iman menilai, ekskavasi Candi Gedog perlu dilanjutkan untuk mengetahui struktur bangunan secara utuh. Apalagi ekskavasi tahap pertama dan kedua belum menemukan gambaran bangunan candi secara utuh. BPCB mengasumsikan ada dua jenis bangunan di situs Candi Gedog antara bangunan petirtaan dan bangunan candi, atau justru perpaduan keduanya. 

"Oleh karena itu, diperlukan ekskavasi lanjutan tahun depan, untuk mengetahui bangunan yang ada di situs ini apa" kata Tri Iman.

Sementara itu, Nugroho Harjo Lukito, Ketua Tim Ekskavasi BPCB Jatim juga menegaskan hal senada. Ekskavasi Candi Gedog harus dilanjutkan tahun depan. Pihaknya juga berharap ada sharing anggaran dari Pemkot Blitar, agar pelaksanaan ekskavasi berlangsung lama sehingga temuan tim banyak lagi. (Kir)

Share icon