x

Jumlah Pendaftar Petugas KPPS Melibihi Kuota Kebutuhan KPU Kota Blitar

Blitar Kota - Rabu, (14/10/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar resmi menutup pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Selasa 13 Oktober 2020, usai kuota kebutuhan petugas terpenuhi. Bahkan sesuai data yang di himpun KPU, total pendaftar KPPS Pilwali 2020 melebihi kuota kebutuhan.

Rangga Bisma Aditya, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan, hingga hari terakhir pendaftaran, terdapat 1.957 orang yang telah menyerahkan berkas pendaftaran ke PPS. Sedangkan kebutuhan petugas sebanyak 1.813 orang. Rangga menegaskan, tingginya pendaftar KPPS di beberapa kelurahan membuat jumlah pendaftar melebihi kuota. Misalnya di kelurahan Sukorejo, Pakunden, Tanggung, Sentul.

“Jumlah di beberapa TPS itu lebih dari 7 orang ya, bahkan kemarin ada yang sampai 27 orang,” kata Rangga.

Rangga menyebut pembentukkan KPPS selanjutnya akan memasuki tahap seleksi admintrasi, untuk memastikan yang mendaftar telah memenuhi syarat sebagai petugas KPPS. Sedangkan bagi beberapa kelurahan yang kuotanya overload, akan dilakukan tes wawancara pendaftar KPPS mulai tanggal 14-20 Oktober 2020.

“Kita harus seleksi dulu dan memilih 7 orang di masing-masing TPS. Kita tidak ada istilah petugas cadangan ya nanti,” jelas Rangga.

Rangga menambahkan, setelah melalui beberapa tahapan, petugas KPPS akan segera ditetapkan dan mulai bekerja 24 November-24 Desember 2020. (Kir)

Share icon