x

KPU Kota Blitar Mulai Susun Jadwal Debat Paslon Pilwali Yang Akan Digelar Dua Kali

Blitar Kota - Jumat, (09/10/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mulai menyusun agenda debat pasangan calon (paslon) Pilwali 2020. Rencananya debat akan dilaksanakan 2 kali, yang mana debat tahap pertama berlangsung tanggal 21 Oktober 2020.

Rangga Bisma Aditya, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pertisipasi Masyarakat dan SDM, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, sebelum ada pandemic Covid-19, debat paslon Pilwali Kota Blitar rencananya dilaksanakan sebanyak 3 kali. Namun karena ada pemangkasan anggaran akibat Covid-19, debat dilaksanakan sebanyak 2 kali, sama dengan periode sebelumnya. Debat tahap pertama akan dilaksanakan tanggal 21 Oktober 2020, sedangkan debat tahap ke dua tanggal 25 November 2020.

Meski dalam PKPU No. 13 Tahun 2020 menyebut debat paslon bisa dilaksanakan di Lembaga Penyiaran Publik atau Lembaga Penyiaran Swasta, namun KPU Kota Blitar memilih melaksanakan debat paslon di gedung. Rencananya dipusatkan di salah satu hotel Jl. Anjasmoro Kota Blitar, dan disiarkan langsung beberapa media radio dan televisi. Mengingat debat paslon Pilwali 2020 tidak boleh diikuti oleh massa pendukung, dan harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

“Temen-temen dari Trenggalek itu debat di salah satu stasiun televisi Surabaya, nah kalau kita tetap kita selenggarakan di Kota Blitar saja,” kata Rangga.

Rangga menambahkan, saat ini KPU Kota Blitar tengah mempersiapkan perbitan SK tentang debat paslon Pilwali 2020, penunjukkan panelis dan lain-lain. (Kir)

 

Share icon