x

Rumah Singgah Puspa Siwa Puskesmas Sukorejo Kembali Beroperasi

Blitar Kota - Selasa, (13/10/2020), Untuk melayani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kecamatan Sukorejo, Puskesmas Sukorejo akan kembali mengaktifkan pelayanan di Rumah Singgah Puspa Siwa yang terletak di Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Sebelumnya rumah singgah Puspa Siwa telah beroperasi dan melayani pengobatan warga ODGJ (yang tersayang), namun karena adanya pandemi Covid-19, pelayanan pengobatan rumah singgah Puspa Siwa dihentikan. 

Wisma Yuniar, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo mengatakan, banyaknya laporan warga yang ingin melakukan pengobatan di Puspa Siwa menjadi alasan untuk membuka kembali pelayanan Puspa Siwa. Selama pandemi Covid-19 ini pelayanan ODGJ hanya dilakukan melalui kader jiwa yang ada di Kelurahan masing-masing. Sementara Puspa Siwa sendiri merupakan satu-satunya rumah singgah ODGJ yang ada di Kota Blitar. Rencananya Puspa Siwa akan diaktifkan kembali di minggu ketiga bulan Oktober 2020. Wisma berharap, dengan adanya rumah singgah Puspa Siwa diaktifkan kembali, pihaknya berharap dapat memantau kesehatan jiwa yang tersayang.

“Insya Allah minggu ke tiga bulan oktober kita mulai, jadi harapanya kita bisa memantau kesehatannya temen-temen yang tersayang. Jadi bagaimana keadaannya sekarang dan tentu memberikan pelayanan,” jelas Wisma.

Keluhan pengobatan ODGJ menjadi prioritas masalah kesehatan yang ditemukan Puskesmas Sukorejo dari hasil Musyawarah Masyarakat Desa diseluruh Kelurahan yang ada di Kecamatan Sukorejo. (Fix)

Share icon