x

Tingkatkan Layanan ODGJ, Puskesmas Sukorejo Rencana Aktifkan Kembali Puspa Siwa

Blitar Kota - Jumat, (09/10/2020), Setelah melakukan Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) di seluruh Kelurahan yang ada di Kecamatan Sukorejo, ditemukan masalah kesehatan prioritas yang hampir sama, yaitu masalah Kesehatan Jiwa. Hasilnya disepakati dalam waktu dekat Kader Jiwa Puspa Siwa akan diaktifkan kembali.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Wisma Yuniar, Kepala UPTD Puskesmas Sukorejo Jumat 9 Oktober 2020. Wisma mengatakan, sejauh ini rumah singgah kader jiwa puspa siwa satu satunya rumah singgah untuk ODGJ yang ada di Kota Blitar. Sebelumnya sudah rutin melakukan pengobatan kepada ODGJ, namun lantaran pandemi Covid-19, pelayanan terhenti. Setelah melakukan MMK, prioritas masalah kesehatan warga Kecamatan Sukorejo tentang kesehatan jiwa. Untuk itu Wisma menginginkan agar rumah singgah puspa siwa kembali digunakan. Namun pihaknya juga belum memastikan kapan dimulai beroperasi. Saat ini pihaknya masih menjalin koordinasi dengan beberapa pihak mulai dari camat, lurah, dan Pjs Wali Kota Blitar.

“Kita dapat masukan dari masyarakat pengennya Rumah Singgah diaktifkan lagi. Ya kita usahakan. Ini perlu banyak kolaborasi dari banyak pihak ya, dinas sosial, lurah, camat, dan leader nya pimpinan daerah. Ya kita mengusahakan,” jelas Yuniar.

Penanganan ODGJ menjadi fokus puskesmas Sukorejo lantaran banyaknya laporan warga yang ingin mendapat pelayanan lagi, terlebih pelayanan ini dapat membantu penilaian Standard Pelayanan Minimal Kesehatan Kota Blitar. (Fix)

Share icon